KAJIAN FIQIH WANITA BAGI GURU DAN PEGAWAI MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG

Sesuai dengan program Kurikulum MTsN Tambakberas Jombang, peningkatan mutu guru adalah salah satu aspek yang menjadi prioritas untuk meningkatkan mutu madrasah. Beberapa kegiatan sudah dilakukan, misalnya dengan mengadakan pelatihan atau workshop dalam berbagai bidang seperti Multimetode Pembelajaran, Administrasi Kurikulum, Manajemen Berbasis Sekolah, Manajemen Kelas, Pembuatan Analisis dan Penulisan Silabus dan RPP berkarakter.

Semua pelatihan sementara memang masih pada bidang Umum saja, untuk itu perlu juga pendalaman di bidang keagamaan.

Dari hasil analisis dan pengamatan, dirasa perlu untuk memberikan kegiatan kajian Ilmu Fiqih bagi guru dan pegawai MTsN Tambakberas Jombang, terutama pengetahuan tentang fiqih wanita. Ironis sekali memang jika sebagai warga MTsN Tambakberas Jombang masih belum faham betul tentang seluk beluk syari'ah kewanitaan. Menurut Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Anshori, kajian fiqih ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan karena materi fiqih itu bukan hanya teori tetapi lebih pada praktek, mulai dari bacaan niat hingga bacaan lainnya, mulai dari praktek thaharah hingga sholat-sholatnya. Dan beliau berharap bahwa setelah kegiatan ini seluruh warga MTsN mempunyai pemahaman yang benar mengenai Ilmu Fiqih.

Untuk itu pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2011 dimulailah Kajian Fiqih Wanita dari bab awal 'Thaharah' dengan tema khusus 'HAID'. Dengan nara sumber KH. M. Yahya Chusnan, banyak materi yang sangat bermanfaat dapat kita petik. Mulai dari perbedaan 'Haid' dan 'Istihadloh', cara menghitung masa haid, hingga cara menghitung qadla' sholat dan puasa. Begitu besar antusias bapak ibu guru dan pegawai dilihat dari tanggapan dan pertanyaan yang diajukan. Tidak hanya ibu-ibu yang mengajukan pertanyaan tetapi bapak-bapak juga sangat bersemangat.

Melihat antusias peserta, maka kegiatan Kajian Fiqih Wanita ini dilanjutkan lagi pada hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2011 pada saat bulan Ramadhan, dengan materi melanjutkan pendalaman bab Haid dan sedikit tentang 'Nifas'. Materi pendalaman bab Haid diberikan kepada peserta berupa daftar pertanyaan dengan mengambil fakta-fakta dan prediksi-prediksi masalah yang terjadi pada wanita pada umumnya. Materi benar-benar dikupas secara tuntas hingga tidak ada lagi keraguan dalam pemahaman.

Terakhir, semoga kegiatan ini bisa dilanjutkan lagi dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin...

(Umi Mahmudah, S.Pd., M.Ed)