PROGRAM PENGAYAAN PERSIAPAN UN 2012 BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX

MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG

Selama bulan Ramadhan (bulan Agustus 2011), MTsN Tambakberas Jombang tidak ingin menyia-nyiakan bulan yang penuh berkah ini. Selain program peningkatan mutu guru, tim Kurikulum juga melaksanakan Program untuk Peningkatan Mutu Peserta Didik dalam rangka meningkatkan pencapaian Nilai UN 2012 secara optimal. Untuk itu Kepala Madrasah menghimbau agar segera dilaksanakan penggodokan peserta didik lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Program Pengayaan ini dimulai pada tanggal 13 – 16 Agustus 2011, pukul 11.00 – 12.00 dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Kelas Unggulan dan Kelas Reguler. Masing-masing kelas dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu Kelas Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA sehingga total ada 8 kelompok. Untuk Kelas Unggulan, karena ada 3 Kelas, yaitu IX-A, IX-G dan IX-H, maka setiap Kelompok Mata Pelajaran diambil 5 peserta didik yang memperoleh nilai tertinggi dalam Pre-Test Emunas (Evaluasi Mata Pelajaran Unas) minggu sebelumnya. Jumlah total setiap Kelompok Mapel terdiri dari 15-16 peserta didik. Satu (1) peserta didik ada kemungkinan mengikuti 2, 3, atau 4 kelompok, atau bahkan hanya mengikuti 1 kelompok mapel saja.

Sedangkan untuk Kelas Reguler, karena ada 9 kelas yaitu Kelas IX-B, IX-C, IX-D, IX-E, IX-F, IX-I, IX-J, IX-K, IX-L, maka hanya diambil 2 peserta didik terbaik dari setiap Mapel berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran UN masing-masing. Sehingga setiap kelompok Mapel ada 18 peserta didik. Sama dengan kelompok Kelas Unggulan, satu peserta didik ada kemungkinan mengikuti 2, 3 atau 4 kelompok mapel.

Untuk lebih memotivasi dan memacu antusias peserta didik, guru pembina didatangkan dari luar MTsN Tambakberas. Peserta didik diharapkan bisa memanfaatkan waktu selama bersama guru-guru pembina tersebut dengan cara mengikuti kegiatan secara rutin, tidak membolos dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang belum dipahami. Sehingga bekal untuk menghadapi UN 2012 bisa lebih dikuasai.

Menurut rencana, program ini akan dilanjutkan dan dimulai kembali setelah libur sekitar Hari Raya Idul Fitri 1432 H, yaitu 17 September 2011. Semoga program pengayaan ini akan membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi peserta didik demi tercapainya prestasi yang gemilang, Sukses UN 2012. Amiin...

(Umi Mahmudah, S.Pd., M.Ed)